top of page
Search
  • dodolsiang

Simak Perbedaan Dan Fungsi Layar Touchscreen Di Setiap Gadget Handphone

Updated: Aug 10, 2019

Layar Sentuh adalah layar yang menggunakan teknologi sensor sentuh, biasanya berlapis di atas tampilan visual sebagai sistem untuk memproses informasi, banyak digunakan pada ponsel atau ponsel pintar dan komputer tablet. Bahasa Inggris layar sentuh.


Ada berbagai jenis layar sentuh yang digunakan pada ponsel atau smartphone, masing-masing jenis atau jenis layar memiliki perbedaan dan kelebihannya sendiri, beberapa jenis layar dianggap lebih baik daripada yang lain.


Layar sentuh adalah bagian yang sangat penting dari smartphone, yang telah menjadi populer selama beberapa tahun terakhir. Memiliki beragam fungsi untuk menyesuaikan tampilan (display) di layar, melalui proses sistem operasi seperti Android.



Smartphone sering juga disebut sebagai ponsel layar sentuh, ini karena sebagian besar layar smartphone memang berbeda dari layar biasa seperti ponsel sebelumnya. Tahukah Anda jika layar yang digunakan oleh smartphone berbeda? Ada layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED. Semua layar ini juga berbeda dari Anda.


Ingin Tahu Perbedaan Layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED?

Sebelum Anda mengetahui dan mendiskusikan perbedaan antara layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada banyak jenis layar yang berbeda yang digunakan pada telepon pintar. Tidak hanya tiga layar, tetapi setiap layar juga memiliki kelebihan yang ditawarkan.


Kegunaan layar juga sangat mempengaruhi penampilan sebuah smartphone. Selain itu, layar juga digunakan sebagai salah satu komponen utama untuk smartphone. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone, tidak ada salahnya jika Anda harus mengetahui perbedaan antara layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED di bawah ini.



Layar IPS


Pernahkah Anda mendengar istilah layar IPS? Apakah Anda tahu apa artinya IPS? Tentu saja maknanya bukan Ilmu Sosial melainkan In Place Switching. Ini adalah jenis layar smartphone yang memiliki sudut pandang yang baik jika dibandingkan dengan layar jenis





TFT


Selain itu, layar jenis ini juga menghemat masa pakai baterai. Ini juga membuat smartphone mampu bertahan lebih lama. Biasanya layar IPS yang banyak digunakan ada jenis smartphone dengan kelas menengah ke atas. Tidak heran harganya lebih mahal dibandingkan layar smartphone lainnya.




Baca Juga Selanjutnya : Merk HP Terbaik Di Dunia Saat Ini




AMOLED



Selain layar IPS, ada juga layar smartphone yang harus Anda ketahui tentang AMOLED. Apa itu layar AMOLED? AMOLED adalah singkatan dari Active Matric Light Emitting Diode yang merupakan jenis layar OLED yang biasanya digunakan pada smartphone dengan kelas tinggi.


Karena biasanya digunakan pada smartphone kelas atas, tentunya untuk fitur dan fungsi layar juga lebih baik daripada layar lainnya. Saking bagusnya, layar ini mampu menciptakan warna yang lebih cemerlang dengan kekuatan kecerahan tinggi.


Tidak hanya itu, untuk ketajaman dan desainnya juga sangat ringan dan sesuai dengan smartphone kelas atas. untuk kekuatan baterai juga dijamin tahan lama tidak seperti layar pada umumnya.



Super AMOLED


Hampir sama dengan layar AMOLED, hanya ini yang merupakan versi terbaru dari layar AMOLED. Super AMOLED sendiri merupakan singkatan dari Super Active Matric Light Emitting Diode. Jenis layar ini lebih dikembangkan oleh vendor ponsel pintar Samsung.


Perbedaan antara layar ini dan layar lainnya adalah memiliki sensor sentuh pada layar itu sendiri. Ini juga membuat layar ini memiliki lapisan sensitif sentuhan. Ini juga membuat layar ini lebih tipis dan lebih responsif dibandingkan dengan layar AMOLED.


Dari ketiga jenis layar di atas, tentu saja Anda sudah dapat menyimpulkan sendiri apa perbedaan antara layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED. Setiap layar memiliki kelebihan yang tidak dibagi satu sama lain.


Dengan perbedaan layar IPS, AMOLED dan Super AMOLED ini, semoga Anda bisa mendapatkan smartphone sesuai dengan layar yang diinginkan. Untuk masalah kualitas, sepertinya ketiga layar memiliki kualitas yang sama. Misalnya, seperti baterai yang lebih efisien, lebih jernih, lebih tajam, lebih besar atau banyak lainnya.



12 views1 comment
bottom of page